Polong Angin ( Angin duduk ).

Pernah mendengar polong Angin …pertama mendengar nama itu disebut si tho penasaran kenapa ada yang disebut Polong Angin …apalagi keberadaan ini sering dihubungkan dengan hal klenik dan magic.

Barjanto adalah korban polong yang pernah didengar si tho .. dia masih muda ..umurnya paling baru 30 th ..tiba-tiba meninggal dunia tanpa sebab pasti sepulang dari kerja di Pabrik , menurut penuturan Ibunya , waktu pulang kerja dia mengeluh tiba tiba dada dan perutnya terasa nyenak mulas gak karu-karuan , keluarga sederhana itu kebingungan menghadapi kejadian ini ada tetangga mengatakan bahwa si anto terkena Polong Angin .

Benarkah polong angin sakit yang disebabkan oleh guna-guna…ah terlalu lah kalo ada orang yang tega berbuat seperti itu.

Menurut sitho Polong Angin adalah sejenis Angin Sesat atau yang lebih dikenal lagi dengan Angin duduk.
Hanya saja karena sering datang pada saat orang terlena dengan kesehatannya maka hal itu sering dihubungkan dengan hal yang bernuansa magic wal kleniks.
Korban Angin duduk atau polong angin ini jika dibawa ke rumah sakit sebagaimana diketahui sitho lebih sering disebut terkena ” Gejala Jantung Koroner ” …benarkah itu..tentu dokter yang lebih tahu dengan istilah kedokterannya.

Angin pada dasarnya adalah bagian alam yang memiliki fungsi sangat penting bagi kehidupan manusia , keberadaan Angin dalam tubuh sebagaimana adanya kandungan air didalam tubuh ini juga…..wah sok pinter si tho ini.

Secara alamiyah tubuh manusia itu memang sebenarnya terdiri dari 4 ( empat ) anasir , yaitu sari pati tanah , air , angin dan panas ( bara ) dan pengetahuan empat anasir ini sudah sedemikian tuannya mungkin setua umur manusia itu sendiri.

Kemajuan zaman yang kemudian menjadikan kiblat pengetahuan berpaling pandangan ke pengetahuan yang lebih nyata dan modern dan itu syah adanya.

Disini si tho sedikit akan berbagi  cara penanganan secara traditional  dalam rangka menanggulangi kedatangan sang polong angin atau angin duduk tersebut .

1. Jika Polong atau angin duduk menyerang lambung atau perut sehingga perut isinya seperti di aduk-aduk atau diremes remes.

A. Menggunakan Batu Bata Merah :

a. Pertama ambil batu bata yang bersih  lalu dibagi dua.

b. Panaskan potongan bata dengan pemanas ( bisa dipanasi diatas kompor atau ditimpa dengan seterika ).

c. Setelah batu hangat ..bungkus dengan handuk dan letakkan pada bagian yang terasa sakit ..hingga terasa hangat dan longgar.

Dahulu hal ini dilakukan untuk memecahkan angin yang sudah bercampur air lendir di dalam perut …sehingga jika angin pecah maka perut akan bunyi gemerucuk.

B. Menggunakan Daun Pace atau Mengkudu.

a. Ambil  beberapa lembar daun pace/mengkudu yang sebesar telapak tangan .

b. bersihkan daun pace tersebut lalu olesi dengan minyak kayu putih atau minyak tanah.

c. Panaskan daun pace hingga layu lalu letakkan dibagian perut yang sakit , agar tidak lepas balutlah dengan menggunakan belangkin atau kain pengikat  , gantilah daun jika sudah kering..karena jika kering akan terasa gatal.

2.  Angin polong yang akut kadang menyerang keatas uluhati atau diafrahma , hal ini sebenarnya sudah sampai pada gangguan jantung dan paru paru …cara penanggulangan pertama adalah kompress dengan air hangat.

Gunakan  Batang Keladi Merah atau Birah,

Batang birah ini sebenarnya memiliki getah yang gatal  nah untuk pemakaian  harus dicampur dengan air injet ( kapur sirih ) Caranya adalah :

Pertama injet atau kapur sirih di beri air sehingga encer seperti bedak  kemudian colekkan kapur dengan menggunakan batang keladi birah ke bagian yang sakit sebagaimana kita mengecat atau melaburkan sesuatu cuma disini media yang digunakan adalah birah sebagai kwasnya…..coba sedikit dulu jika gatal hentikan…

Lalu bagaimana dengan kisah kleniknya Polong Angin….wis gak perlu dibahas …… dengar saja bagaimana keterangan dokter tentang Angin Duduk atau wes ewes mbablas duwite…….

Polong angin kadang dapat menyerang bagian tubuh yang mana saja termasuk gusi atau rongga mulut.

Gusi yang kemasukan angin  biasanya akan membengkak dan berdenyut…. nah bagaimana mengatasi sakit gigi versi ini :

Ambil beberapa lembar daun sirih , wah memang zaman sekarang tidak mudah mencari selembar sirih … tapi sebaiknya tanam saja  di dalam pot dari pada menyalahkan zaman … pilih daun sirih yang utuh dan tidak patah urat daunnya…. terus.

Olesi daun sirih dengan minyak kayu putih  atau minyak tanah ..nah jangan mengeluh memang sudah saatnya harga minyak tanah sama dengan minyak kayu putih… karena sama sama disebut minyak , panaskan atau layur hingga layu daun sirihnya.

Setelah dilayur pilih 3 lembar yang benar-benar bagus  kemudian di gulung sehingga sebesar rokok.

Letakkan gulungan sirih  pada bagian gigi yang sakit gusinya …. memang awalnya agak sakit ..tapi gigit pelan pelan hingga sirih putus … coba dikunyah sirih tersebut pelan pelan….sampai lumat.

Bila sirih dapat lumat di kunyah maka dalam beberapa menit sakit gusi akan mereda.

Disamping itu polong angin juga bisa menyerang wajah  dan tempat sarang angin pada wajah biasa ada di tepi daun telinga atau di atas pelupuk mata bagian dalam , orang yang wajah atau mukanya terserang angin jenis ini akan nampak layu dan terkadang peyot…. nah waspadalah  dengan terpaan angin jenis ini .

Angin yang menerpa wajah ini kadang bersamaan datangnya dengan yang menyerang kepala ….. banyak merek untuk sakit kepala  tapi paling sakit adalah yang denyutnya  ber pindah pindah di seluruh bagian kepala sampai tengkuk….. perlu kerumah sakit . . .. tentu saja silahkan dibawa berobat ke rumah sakit jika keadaan memungkinkan ( ada waktu dan uang minimal untuk ongkos jika punya kartu askes )….  and bagaimana jika tidak  punya kesanggupan kerumah sakit …. karena sendiri dirumah atau karena uzur atau kadang justru bosan kerumah sakit….. wah.

Salah satu saran si tho sangat sederhana , panaskan seceret air hingga hangat  lalu bagi dua , separo untuk merendam kaki separo lagi gunakan handuk untuk mengompress bagian wajah dan kepala yang sakit  tekan dengan handuk pada bagian yang sakit sambil kaki berendam di air hangat…… nah jika sehat melakukan ini tentu akan semakin nyaman di badan.

Pos ini dipublikasikan di pitutur, Resep lawas. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Polong Angin ( Angin duduk ).

  1. arinovem berkata:

    batu bata saya sudah pernah coba alhamdulillah sembuh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s