Sholat

Sholat  adalah arkan atau rukun Islam yang ke dua (2).

Dalam sholat terkandung 3 ( tiga ) rukun yaitu ,Qolbi – Qowli – Fikli.

Qolbi ( Qolbu – Hati )  memiliki peran yang sangat penting didalam melaksanakan sholat , selain sebagai sarana berniat dan meng iyakan apa yang di ucapkan qolbu juga bertugas mengontrol dan menyaksikan kebenaran ( tertib ) dari sholat yang dilaksanakan.

Qowli adalah membaca bacaan-bacaan seperti diucapkan dari takbir hingga Salam.

Fikli  adalah  gerak tubuh dan anggota tubuh selama melaksanakan sholat seperti berdiri , mengangkat takbir ,  rukuk , sujud dan duduk.

Sholat sebagai kewajiban yang telah ditentukan waktu nya , dalam pengertiannya ada  sholat yang berkekalan ( dilakukan sewaktu hidup ) dan sholat yang dilakukan dlm waktu tertentu  seperti sholat lima waktu dlm sehari dan sholat sunah yang lainnya.

Sholat Tasbih :

Sholat tasbih adalah sholat sunah  yang didalam qowlinya terdapat bacaan tasbih yang diulang -ulang sehingga jumlah bacaan tidak kurang dari 300 ( tiga ratus ) kali  , sholat tasbih adalah  sunnah yang dianjurkan ( muakkad ) oleh Rosululloh saw.

Wasiat nabi :

Adalah sebuah wasiat rosululloh saw kepada pamandhanya  Abbas ibn Abdul Muthalib ra : ” Wahai Abbas pamanku , sukakah paman aku beritahukan , aku kurniakan  , aku hadiahkan yang istimewa  ,aku  ajari sepuluh macam perbuatan yang dapat menghapus sepuluh macam dosa.

Jika paman mengerjakan perbuatan itu maka Alloh mengampuni dosa-dosa paman , baik dosa pertama maupun yang terakhir  , lama atau baru , disengaja ataupun tidak sengaja , kecil atau besar , yang sembunyi ataupun yang terang-terangan.

Sepuluh macam perbuatan itu adalah sholat empat raka’at , tiap rakaat membaca surah al Fatihah dan surah lain yg disukai , dan selesai membaca surah dalam raka’at pertama pertama ketika masih berdiri bacalah  : ” subhanallahi wal hamdu lillahi wa laa ilaaha illalllahu wallahu akbar ”  lima belas (15 ) kali ,  kemudian lalu ruku dalam ruku itu membaca sepuluh ( 10 ) kali , kemudian berdiri i’tidal dari ruku membaca tasbih sepuluh ( 10 ) kali , kemudian sujud  pada sujud membaca tasbih sepuluh ( 10 ) kali , kemudian duduk diantara dua sujud  membaca sepuluh ( 10 ) kali , pada waktu sucud ke dua membaca tasbih sepuluh ( 10 ) kali dan ketika mengangkat kepala dari sujud kedua (sebelum berdiri )  duduk istirahat membaca tasbih sebanyak sepuluh ( 10 ) kali , jadi jumlahnya ada tujuh puluh lima ( 75 ) kali dalam setiap reka’at .

Demikian itu yang harus dikerjakan dalam setiap reka’at dari ke empat reka’at itu . Jikalau dapat mengerjakan sekali dalam sehari kerjakanlah , jikalau tidak dapat bolehlah  seminggu sekali  , jika tidak dapat bolehlah sebulan satu kali , kalau tidak dapat bolehlah satu tahun sekali dan jikalau tidak dapat juga maka sekali dalam seumur hidup ”  ( riwayat , Abu Dawud  , Ibnu Majah  , Ibnu Khuzaimah ).

Bilangan Tasbih :

Sebagai mana wasiat dalam hadis tersebut maka bilangan tasbih adalah 300 kali dengan urutan sebagai berikut :

1.  Berdiri  setelah  membaca surah Al Fatihah + baca tasbih 15 kali.

2. Sewaktu ruku setelah membaca bacaan rukuk + baca tasbih 10 kali.

3. Sewaktu i’tidal setelah mambaca bacaan i’tidal + baca tasbih 10 kali.

4. Sewaktu dalam sujud setelah membaca bacaan sujud + baca tasbih 10 kali.

5. Sewaktu duduk antara dua  sujud  + membaca tasbih 10 kali.

6. Sewaktu sujud kedua setelah bacaan sujud + baca tasbih 10 kali.

7.Sewaktu duduk istirahat sebelum berdiri baca tasbih 10 kali.

Demikian dalam satu rakaat terdapat bacaan tasbih sebanyak 75 kali , seandainya bilangan tasbih ada yang kurang atau terlupa maka tambahkan pada rakaat yang berikutnya.

Waktu pelaksanaan :

Sholat tasbih boleh dilakukan siang hari ampat raka’at  dengan satu salam , jikalau dilakukan pada malam hari sebaiknya dilakukan dua kali dua raka’at ( dua raka’at satu salam ) jadi menjadi empat rekaat dua salam.

Doa setelah sholat :

Doa adalah panggilan hati , maka berdoalah sesuai dengan keadaan hati seketika itu juga dan sebagai pembuka sebelum berdoa yang demikian itu sebaiknya :

a. Baca  Istigfar sekurang kurangnya 3 kali.

b. Baca Basmalah  sekurangnya sekali.

c. Baca Syahadat sekali.

d. Baca sholawat nabi ( Allohumma sholli alaa Muhammad )  3 x.

Selanjutnya bacalah doa dengan keteguhan hati dan bahasa yang mantab dan pasti.

Fadhilah sholat sebagai mana penulis alami adalah melatih hati tertib dalam melaksanakan sholat , memperkuat hati  dari pengaruh getaran duniawi sehingga diperoleh khusu dalam ibadah yang lain, semakin sering dilakukakan semakin baik.

Khusu adalah keadaan hati yang harus dilatih dan sholat sunah adalah cara untuk melantih hati yang paling baik disamping ada pahala tentunya.

Sholat Jenazah :

Sholat jenazah  adalah hanya dilakukan sambil berdiri dengan empat takbir  tanpa ruku’ , i’tidal  dan sujud . Hukumnya adalah Fardhu Kifayah   magsudnya : Jika ada seorang Islam meninggal dunia disatu kampung/negri  tapi tak seorangpun dari penduduk kampung/negri itu yang mensholatkannya maka berdosalah seluruh penduduknya , sebaliknya jika jenasah orang meninggal tersebut telah ada yang mensholatinya  walaupun cuma satu orang maka gugurlah dosa seluruh penduduk kampung tersebut.

Tata cara sholat jenazah :

1. Letakkan jenazah dengan melintang dihadapan imam  dengan posisi kepala disebelah kanan.

2. Jika Jenazah tersebut seorang pria maka imam berdiri dekat – menghadap kepalanya.

3. Jika Jenazah tersebut seorang perempuan maka imam berdiri dekat – menghadap perutnya.

4. Makmum  sebaiknya dibuat tiga baris dibelakang imam ( jika jumlah mencukupi ).

5. Makmum berdiri rapat setentangan dengan bahu.

Niyat :

Niat adalah bacaan dalam hati , namun sebagai catatan berikut adalah diantara bunyi bacaan niyatnya:

Niyat untuk  Jenasah laki-laki :

Ushalli alaa hadzihil mayyiti  fardhan  lillahi ta’aala“.

( Saya tunaikan sholat atas jenazah ini sebagai kewajiban karena Allah ta’ aala.)

Niyat untuk Jenazah Perempuan :

” Ushalli alaa hadzihil mayyitati fardhan lillahi ta’aala.”

( Saya tunaikan sholat atas jenazah ini sebagai kewajiban karena Allah ta’ aala.)

Bacaan setelah takbiratul ihram :

1. Takbir Pertama :

Membaca surah al Fatihah  hingga selesai ( amiin ).

2. Takbir Kedua  :

Membaca shalawat nabi :

Boleh Pendek :

Allohumma shalli alaa Muhammad wa alaa aalihii washahbihii wa saliim .

Boleh Panjang :

Allahumma sholli alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kama shallaita alaa Ibraahiima wa alaa aali Ibrahiima , wa baarik alaa Muhammad wa alaa aali Muhammad kama baaarakta alaa Ibraahiima wa alaa aali Ibraahimma fil aalamina innaka hamiidun majid.

3. Takbir ke Tiga :

Setelah takbir membaca doa bagi jenazah :

Allahummagfir lahuu warhamhu wa ‘aafihii wa’fu ‘anhu.

( Ya Allloh ampunilah dia , kasihanilah dia , berilah kesejahteraan kepadanya dan maafkanlah kesalahannya ).

4. Takbir ke empat :

Setelah takbir membaca doa lagi sebagai berikut :

Allohumma laa tahrimnaa ajrahuu wa laaa taftinna ba’dahuu wagfirlanaa wa lahuu.

( Ya Allloh janganlah engkau halangi kami dari pahalanya , janganlah engkau fitnah kami sesudah kepergiaannya dan ampunilah kami dan dia ).

5. Ditutup dengan mengucapkan salam .

Sholat Ghaib bagi Jenazah :

Sholat ghaib adalah sholat jenazah yang dilakukan tapi  jenasah tak terlihat , hal ini bisa terjadi karena  tempat berjauhan  atau sudah terlambat  datang jenazah sudah dikuburkan , cara melaksanakan sholat jenasah sama dengan shalat jenasah tersebut diatas  yaitu dengan empat takbir dan salam penutup ..atas keterlambatan ini  terkadang ada yang melakukan sholatnya di samping kuburan.


wallohus salam.

2 Balasan ke Sholat

  1. siti aminah nurrahma berkata:

    Alhamdulillah,,ternyata benar adanya.,,selama ini saya buat sholat tasbih tapi masih ada keragu2an dlm hati.,,selalu ada pertanyaan dlm hati bahwa apa sudah benar caranya yg saya buat,karena dulu saya hanya di ajarkan teman saya secara lisan.,,terimakasih ya…semoggah amal ibadah kita senantiasa di rahmati ALLAH.Amin Ya Rabb…..

    • keboireng berkata:

      Terimakasih respon dan doanya smoga tak bosan singgah di Blok ‘Bani-Senggotho” ini , saran kritik untuk selanjutnya kami nati……. wallohus salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s